HUBUNGAN ANTARA SOSIAL EKONOMI DAN PENDIDIKAN IBU DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA YANG DATANG BEROBAT DI PUSKESMAS MAHA PRANA LUBUK LINGGAU

Authors

  • Friday Supernova Akbid Nusantara Lubuk Linggau

Keywords:

Sosial ekonomi, pendidikan, diare, balita

Abstract

Diare masih merupakan penyebab utama kesakitan dan kematian pada anak di Negara berkembang. Di dunia terdapat 6 juta balita yang meninggal tiap tahunnya karna penyakit diare. Ada beberapa hal yang berhubungan dengan kejadian diare seperti pengetahuan, umur, pendidikan, pekerjaan, lingkungan, gizi, dan sosial ekonomi. Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan antara Sosial Ekonomi dan Pendidikan Ibu dengan Kejadian Diare Pada Balita yang datang berobat di Puskesmas Maha Prana Lubuk Linggau Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional, dimana variabel independen (sosial ekonomi dan pendidikan ibu) dengan variabel dependen (kejadian diare) dikumpulan secara bersamaan. Desain penelitian ini dilakukan dengan metode Random Sampling dengan pendekatan systematic sampling. Populasi dari penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki anak balita yang berkunjung ke Puskesmas Sosial Palembang pada tahun 2021, dengan besar sampel sebanyak 177 responden. Penelitian ini dilakukan Bulan Mei tahun 2021 dan dilakukan pengumpulan data dengan bantuan check list, setelah itu diolah dan kemudian di analisis secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian dari 177 responden yang mengalami diare sebanyak 56,6%, dan tidak diare sebanyak 43,5%, ibu dengan status ekonomi tinggi sebanyak 63,3%, dan rendah sebanyak 36,7%, dan ibu dengan pendidikan tinggi sebanyak 59,3%, dan rendah sebanyak 40,7%. Dari analisis didapatkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara status ekonomi dengan kejadian diare pada balita dimana p Value = 0,000 < 0,05. Ada hubungan yang bermakna antara pendidikan ibu dengan kejadian diare pada balita dimana p Value = 0,000 < 0,05. Diharapkan bagi tenaga kesehatan untuk meningkatkan penyuluhan tentang pencegahhan diare dalam upaya menurunkan angka kejadian diare.

References

Fitri, Y., Sulianto, B., Fitria, N., & Retnawaty, S. F. (2018). Jurnal Photon Vol. 9. No. 1, Oktober 2018. Photon, 9(1).

Fristiohady, A., Andriani, R., Ramadhani, R. B., & ... (2020). Penentuan kadar hambat minimum ekstrak etanol rimpang etlingera alba (blume) AD poulsen terhadap bakteri penyebab diare cronobacter muytjensii dan …. Jurnal Sains Dan …, 5(5).

Hutasoit, D. P. (2020). Pengaruh Sanitasi Makanan dan Kontaminasi Bakteri Escherichia coli Terhadap Penyakit Diare. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(2). https://doi.org/10.35816/jiskh.v12i2.399

Jacob, D. E., & Sandjaya. (2018). Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan (JNIK). Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan (JNIK), 1.

Murti, B. (2013). Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi. Gadjah Mada University.

Nurlila, R. U. (2020). Faktor Risiko Kejadian Diare Di Wilayah Kerja Puskesmas Langara Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan Propinsi …. Prosiding Seminar Nasional ….

Rahmawati, W., Kristinawati, B., & Kurniasari, K. (2020). Penerapan Pijat Perut Sebagai Evidence Based Nursing Untuk Menurunkan Volume Residu Lambung Pada Pasien Kritis. Avicenna : Journal of Health Research, 3(1). https://doi.org/10.36419/avicenna.v3i1.341

Rahmi, N., Santi, D. M., & Yanti, W. (2019). Penyuluhan Kesehatan Tentang Penanganan Diare Pada Bayi Dan Balita Di Desa Ladong Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh …. … Kepada Masyarakat ….

Roni, R., Susmini, S., & Putri, R. M. (2018). Peran Promosi Kesehatan Phbs Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Dalam Pencegahan Diare. Nursing News: Jurnal Ilmiah

Sakinah, I. (2020). Gambaran Karakteristik Dan Pengetahuan Ibu Menyusui Dalam Pemberian Asi Eksklusif di Desa Pandat Puskesmas Mandalawangi Pandeglang. Jurnal Menara Medika, 2(2).

SDKI. (2017). Laporan Pendahuluan Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017. In Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017.

Sumbung, G. (2020). Gambaran Pengetahuan Dan Perilaku Ibu Dalam Penanganan Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Pampang Kota Makassar. The Pediatric Infectious Disease Journal, 10(3).

Downloads

Published

2022-01-20

How to Cite

[1]
F. Supernova, “HUBUNGAN ANTARA SOSIAL EKONOMI DAN PENDIDIKAN IBU DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA YANG DATANG BEROBAT DI PUSKESMAS MAHA PRANA LUBUK LINGGAU”, IJOHM, vol. 2, no. 1, pp. 92–98, Jan. 2022.

Issue

Section

Articles