The Related Factors To Leucorrhoea (Flour Albus) In Young Women

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUTIHAN (FLOUR ALBUS) PADA REMAJA PUTRI

Authors

  • Ayu Nina UNIKA Musi Charitas
  • Stephanie Lexy Louis UNIKA Musi Charitas
  • Evi Yuniarti UNIKA Musi Charitas

Keywords:

Keputihan, Personal Hygiene, Vaginal Douching

Abstract

Keputihan atau flour albus merupakan keluhan yang sangat sering dialami oleh sebagian perempuan. Data hasil penelitian menunjukkan 75% wanita di Dunia menderita keputihan minimal sekali seumur hidup dan 45% diantaranya dapat mengalami lebih dari 2 kali. Masa remaja merupakan periode terjadinya pertumbuhan dan perkembangan yang pesat secara fisik, psikologis dan intektual, Organ reproduksi remaja yang belum terbentuk secara sempurna dapat meningkatkan resiko mengalami keputihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan Keputihan (Flour Albus). Jenis penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswi Kelas XI MAN 1 Palembang dengan sampel diambil menggunakan teknik total sampling. Teknik analisa data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan faktor personal hygiene berhubungan dengan keputihan dari hasil uji statistik didapatkan nilai p=0,000 dan faktor vaginal douching juga berhubungan dengan keputihan dari hasil uji statistik didapatkan nilai p=0,000. Saran bagi tempat peneliti diperlukan adanya peningkatan pengetahuan dan pembelajaran tentang kesehatan reproduksi tertutama tentang keputihan agar dapat menambah informasi bagi remaja putri.

References

Cahyaningtya, R. (2019). A Correlation Study of Vaginal Hygiene Behaviors and the Presence of Candida sp. in Bathroom Water with Pathological Leucorrhea in Female Students of Islamic Boarding School in Surabaya. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 11, 215–224.

Darmala, E. (2018). Hubugan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Dengan Kejadian Flour Albus Pada Remaja Putri Di Smp Negeri 4 Kuranji Kecamatan Guguak, Kabupaten 50 Kota Tahun 2018. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Perintis Padang.

Handayani, S., Cahyo, K., M., & Indraswari, R. (2017). Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Personal Hygiene Remaja Putri dalam Penanganan dan Pencegahan Keputihan Pada Siswi SMK Negeri 11 Semarang. Jurnak Kesehatan Masyarakat, Vo 5(No 3).

Kemenkes, R. (2020). Profil Kesehatan Indonesia 2019. Kementrian Kesehatan RI.

Kusmiran, E. (2012). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Salemba Medika.

Lusiana, N. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputihan Pada Remaja Putri di SMAN 11 Pekanbaru Tahun 2018. Menara Ilmu, 13(8).

Masruro, A., & Wijayanti, T. (2019). Hubungan penggunaan Vaginal douching dengan kajadian flour albus pada remaja putri di Pondok Pesantren Al-Masyhuriyah Bukit Raya Kecamatan Tenggarong Seberang. Borneo Student Research.

Melina, F., & Ringringulu, N., M. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Keputihan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yogyakarta.

Mutianingsih, R., Muliani, S., & SUpiana, N. (2022). Penyuluhan Kesehatan dalam Siklus Hidup Perempuan. NEM.

Oriza, N., & Yulianty, R. (2018). Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Keputihan Pada Remaja Putri di SMA Darussalam Medan. Jurnal Kebidanan Komunitas, 1(3), 142–151.

Purwoastuti, E., & Walyani, E., S. (2015). Pandudan Materi Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana. Pustaka Baru Press.

Salamah, U., Kusumo, D., & Mulyana, D., N. (2020). Faktor Perilaku meningkatkan resiko keputihan. Jurnal Kebidanan, 9(1), 7–14.

Susanty, S., D., Hutomo, C., S., Mirania, A., M., & Dkk. (2021). Kesehatan Reproduksi Masyarakat. Yayasan Kita menulis.

Triyani, R., & Ardiani, S. (2013). Hubungan Pemakaian Pembersih Vagina dengan Kejadian Keputihan Pada Remaja Putri. Bidan Prada J.

Tulus, C. W. ., Kundre, R., M., & Bataha, Y., B. (2014). Hubungan Pengetahuan Dan Perilaku Dengan Terjadinya Keputihan Pada Remaja Putri Kelas Xi Di Sma Kristen 1 Tomohon. Jurnal Keperawatan, 2(2).

Downloads

Published

2023-01-24

How to Cite

[1]
A. Nina, S. . Lexy Louis, and E. . Yuniarti, “The Related Factors To Leucorrhoea (Flour Albus) In Young Women: FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUTIHAN (FLOUR ALBUS) PADA REMAJA PUTRI”, IJOHM, vol. 3, no. 1, pp. 32–39, Jan. 2023.

Issue

Section

Articles