KARAKTERISTIK FAKTOR RISIKO REMAJA PUTRI TERKAIT DENGAN KEJADIAN DISMENOREA

Authors

  • Yeviza Puspitasari STIKES Al-Ma’arif Baturaja
  • Yustina Oktarida STIKES Al-Ma’arif Baturaja

Keywords:

disminore, remaja putri, faktor resiko

Abstract

Latar belakang : desminorea adalah nyeri saat haid, biasanya dengan rasa kram dan terpusat diabdomen. Hampir semua perempuan mengalami nyeri pada saat haid, nyeri haid yang dialami biasanya terbatas pada bagian perut bagian bawah, tetapi dapat pula menyebar kebagian pinggang, paha atau kaki. Rendahnya pengetahuan tentang penangaan desminorea pada remja putri di SMA negeri 01 OKU Baturaja Tujuan : untuk mengetahui distribusi frekuensi karakteristik faktor resiko kejadian derminorea pada remaja putri disma negeri 01 OKU Baturaja. Metode penelitian : Penelitian ini mengunakan metode analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi sma negeri 01 oku baturaja yang berjumlah 231 responden. Metode pendekatan waktu yang digunakan adalah cross sectional. Teknik pengambilan sampling secara proportional stratified random sampling. Hasil penelitian : pada analisis bivariat didapatkan ada hubungan faktor kejadian desminorea pada saat menstruasi untuk variable karakteristik faktor kejadian desminorea pada remaja putri dengan hasil p value sebesar 0,514. Kesimpulan dan saran : Ada hubungan faktor resiko kejadian desminorea pada siswi SMA Negeri 01 Oku baturaja. Kurangi minuman yang bersoda atau makan-makanan yang mengandung fastfood

References

Sadiman. (2017). karaktiristik faktor risiko remaja putri terkait dengan kejadian dismenorea, jurnal kesehataan

Farida. (2019). kesehataan reproduksi remaja dan wanita. Bandung : salemba medika

Takiya. (2016). Hubungan status gizi dan usia menarche dengan dismenorea primer pada remaja putri. The southeast Asian journal of midwifery

Hatem et al .(2015). Analisis faktor yang berhubungan dengan kejadia disminorea, jurnal kesehatan

Anurogo. (2011). Faktor yang berhubungan dengan kejadian disminorea. Jurnal kesehatan

Eva, (2016). Pengaruh disminorea pada remaja. Dalam seminar nasional FMIPA UNDIKSHA III Tahun 2016. singaraja

Eny Kusmiran. (2011). Hubungan setatus gizi dengan tinggkat disminorea pada siwi smp, karya tulis ilmiah. Sekolah tinggi ilmu kesehatan’aisyiyah Yogyakarta.

Margareth. (2013). Hubungan setatus gizi, asupan zat gizi mikro, dan minuman berkafein dengan disminorea primer pada remaja putri di SMAN 1 pamekasan dan sman 1 galis. Karya tulis ilmiah. Institute pertanian bogor.

Wiyati rusmini. (2020). Profil kesehatan ogan komering ulu. Baturaja : dinas kesehatan ogan komering ulu

Primadi Oscar. (2019). Propil kesehatan Indonesia Jakarta : kementrian kesehatan Indonesia

Notoatmodjo, (2012). Metode penelitian kesehatan. jakarta

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

[1]
Y. . Puspitasari and Y. . Oktarida, “KARAKTERISTIK FAKTOR RISIKO REMAJA PUTRI TERKAIT DENGAN KEJADIAN DISMENOREA”, IJOHM, vol. 2, no. 3, pp. 424–430, Jul. 2022.